Tuesday, July 11, 2017

YUK BERI ASI

YUK BERI ASI





Menyusui memberikan banyak keuntungan pada ibu dan bayi, sehingga berbagai organisasi kesehatan menganjurkan untuk memberikan ASI eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan. ASI ekslusif adalah pemberian ASI saja pada bayi sejak usia 0 hingga 6 bulan, tanpa penambahan makanan atau minuman apapun, termasuk air. Pemberian ASI eksklusif diberikan sesuai kebutuhan bayi (on demand), biasanya
setiap 3 jam sekali. Tanda bahwa bayi sudah kenyang pasca menyusui adalah bayi tidur lelap, dan pada ibu payudara terasa kosong.

Air susu bersifat species specific, yang berarti komposisi nutrisi ASI dirancang secara khusus untuk bayi manusia. Komponen nutrisi dalam ASI seperti protein dan zat besi tersedia dalam bentuk yang mudah diserap oleh usus bayi. Selain itu, ASI membantu melindung bayi terhadap infeksi, seperti diare, radang paru, dan radang telinga, karena adanya imunoglobulin dan komponen imunitas lainnya. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa bayi yang diberikan ASI juga memiliki intelegensia yang lebih tinggi. Proses menyusui juga akan meningkatkan hubungan bonding antara ibu dan bayi, serta menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium pada ibu. Menyusui juga dapat menjadi salah satu metode kontrasepsi pasca melahirkan, yang disebut metode amenore laktasi.

Pada ibu yang bekerja, ASI dapat disimpan di botol yang bersih. Pada suhu ruang, ASI dapat bertahan 6-8 jam, pada kulkas hingga 5 hari, dan pada freezer hingga maksimal 6 bulan. ASI yang beku tidak boleh dipanaskan dengan kompor atau microwave; biarkan meleleh sendiri.

Sumber : Panin Dai-Ichi Life

No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

5 DRAMA CHINA ROMANTIS DAN POPULER YANG PATUT DITONTON (Eternal Love,The Empress of China, The Legend of Miyue, Cruel Romance , The Legend Of Flying Daggers)

1. Eternal Love Judul     : Eternal love aka Three Lives three Worlds, Ten Miles of peach Blossoms 三生三世十里桃花 Genre   :  XianXia, Rom...

BACA JUGA