Wednesday, July 12, 2017

TIPS MEMPERMUDAH PENGAJUAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN



 Hasil gambar untuk PENGAJUAN KLAIM ASURANSI

Tips mempermudah anda mengajukan klaim asuransi untuk membantu  anda menghemat biaya dan waktu anda, supaya klaim anda dapat diproses dengan lancar :

1. Bukti bayar (kwitansi)
Khusus untuk perawatan luar negri , ada beberapa rumah sakit yang tidak menerbitkan kwitansi (official receipt) sebagai bukti bayar, melainkan pihak rumah sakit akan mencetak kembali " tax invoice "  ( berupa rincian tagihan) dengan mencantumkan keterangan pembayaran (tanggal, dan cara pembayaran) dan pada
bagian yang paling bawah mencantumkan amount due  (balance/sisa tagihan) sama dengan nol (=0) .    Mount Elizabeth dan Gleneagles Singapore adalah  contoh rumah sakit  yang menerapkan prosedur tersebut.

Salah satu persyaratan pengajuan klaim asuransi kesehatan sebagaimana tercantum dalam buku polis adalah bukti bayar (kwitansi/receipt) dan apabila rumah sakit tidak mengeluarkan receipt melainkan mencetak kembali Tax Invoice sebagai pengganti kwitansi , maka nasabah wajib menyerahlan lembaran tax invoice asli (bukan duplikat / Certified True Copy) yang mencantumkan amount due sama dengan 0 saat pengajuan klaim asuransi kesehatan . Namun jika pihak rumah sakit mengeluarkan kwitansi (receipt/official receipt) sebagai bukti bayar selain Tax Invoice maka klaim tetap harus dilengkapi dengan kwitansi.

2.Pengisian Surat Keterangan Dokter
Klaim Asuransi Kesehatan bagi anda yang mendapatkan perawatan di luar negri , formulir Surat Keterangan Dokter wajib diisi dengan lengkap dan benar oleh dokter yang merawat anda, dengan menggunakan dua (2)
pilihan bahasa , yaitu  Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

Apabila pihak dokter atau rumah sakit mengisi formulir dengan tidak menggunakan salah satu dari kedua bahasa tersebut maka anda wajib menyertakan terjemahan yg dibuat oleh penerjemah yg bersertifikat.Terjemahan wajib dibuat di atas kop surat institusi resmi penerjemah dan dikirimkan yg asli pada saat pengajuan klaim asurasi kesehatan.

Selain itu seluruh rincian tagihan , jenis pemeriksaan /tindakan , obat-obatan, dll wajib diserahkan kepada Perusahaan asuransi anda saat mengajukan klaim. Semua rincian yang tidak tertulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris wajib diterjemahkan sebagaimana dijelaskan diatas.

3.Lain-lain
Akan sangat membantu  jika anda mengumpulkan semua berkas berkas seperti hasil laboratorium, rongent atau CT atau lain lain. Jika terdeteksi akan penyakit maka dan termasuk dalam asuransi tambahan maka akan sangat membantu.

 
ASURANSI PANIN DAI-ICHI LIFE MEDICAL BENEFIT 9
7 Alasan Mengapa Asuransi itu Penting
Penjelasan dan Kelengkapan Formulir2 Klaim Asuransi Panin Dai-Ichi Life
Berkas yang harus disiapkan untuk pengajuan klaim Asuransi Panin Dai-Ichi Life 
Ciri-Ciri Agen Asuransi Profesional
18 Desain Sekat Ruanganan Minimalis (Sekat Ruangan Tamu, Lemari Sekat Ruanganan, Sekat Kantor, dll)



No comments:

Post a Comment

BACA JUGA

5 DRAMA CHINA ROMANTIS DAN POPULER YANG PATUT DITONTON (Eternal Love,The Empress of China, The Legend of Miyue, Cruel Romance , The Legend Of Flying Daggers)

1. Eternal Love Judul     : Eternal love aka Three Lives three Worlds, Ten Miles of peach Blossoms 三生三世十里桃花 Genre   :  XianXia, Rom...

BACA JUGA